Cara menghilangkan ketombe

Tuesday 28 April 2015

KIAT MENDAPATKAN ILMU


Dalam kesempatan ini saya akan menulis tentang kita mendapatkan ilmu yang dinasehatkan oleh Imam Syafi'i rahimahullohu ta'ala. Imam Syafi’i Rohimahullohu ta’ala lahir di Gaza ( daerah Palestina ) pada tahun 150 H dan wafat pada tahun 204 H ( usianya 54 tahun ). Beliau hidup pada abad ke 2 sampai awal abad ke 3.
Imam Syafi’i terlihat kecerdasannya sejak ia masih kanak-kanak, buktinya dalam usia 7 tahun beliau sudah hafal Al qur’an sebanyak 30 juz. Bila kita bayangkan seperti apa kepandaian gurunya dalam mengajarkan hafalan Al qur’an kepada Imam Syafi’i yang waktu itu masih kanak-kanak.
Imam Syafi’i, seorang yang semangat dalam menuntut ilmu. Beliau menuntut ilmu bukan hanya dari kampung yang satu ke kampung yang lain akan tetapi dari negara sendiri sampai kenegara orang lain seperti ke Iraq ke Mesir ke Madinah dan yang lainnya, sehingga pantas hasil karyanya bermanfa’at bagi kaum muslimin / muslimat setelahnya dan beliau layak untuk dijuluki seorang Ulama.
Imam Syafi’i Rohimahullohu ta’ala pernah berkata
لَنْ تَنَالُ الْعِلْمَ إِلاَّ بِسِتَّةٍ سَأُنْبِيْكَ اَنْتَفصِيْلِهَا بِبَيَانٍ:
1.       Dzakaun ( Kecerdasan ) : mampu menyerap ilmu-ilmu yang baik untuk dirinya dan orang lain
2.       Hirshun ( Semangat ) : selalu punya keinginan untuk memperoleh ilmu. Imam Syafi’i pernah ditanya : bagaimana anda ketika mencari ilmu ? beliau menjawab : saya mencarinya sebagaimana seorang ibu yang sedang mencari anaknya yang hilang dan ia hanya punya anak satu-satunya.
3.       Bulghotun ( bekal ) : punya persiapan untuk kelancaran meunntut ilmu baik berupa makanan, biaya, ongkod dan lain-lain
4.       Ijtihadun ( sungguh – sungguh ) : tidak sambilan, maksudnya betul-betul ingin mendapatkan ilmu Alloh tanpa disetai dengan perbuatan yang sia-sia seperti guyonan atau bercanda
5.       Irsyadu ustadzin ( ada guru pembimbing ) : menuntut ilmu harus ada orang yang membimbing yang betul-betul berkompeten dalam ilmunya. Misal belajar Bahasa Arab ..
6.       Thulu azzamanin ( lama waktunya ) : tidak putus pada usia berapa pun. Karena semakin kita banyak mencari ilmu maka kita akan merasa banyak sekali yang kita tidak mengetahuinya.
Itulah 6 syarat jika kita ingin memperoleh ilmu.

No comments:

Post a Comment