Cara menghilangkan ketombe

Wednesday 8 April 2015

MENJAGA LISAN



Di suatu kampung pernah ada seorang laki-laki yang terkena suatu penyakit, karena penyakitnya tak kunjung sembuh maka laki-laki itu menyangka bahwa dia terkena guna-guna dari seorang kakek tua. Persangkaan dari laki-laki itu sampai didengar oleh kakek tua itu sehingga kakek tua itu merasa di fitnah dan merasa sakit hati. Kakek tua itu tidak terima dikatakan telah melakukan guna-guna kepada laki-laki tersebut dan kemudian amarah si kakek itu meluap sampai ingin membunuhnya. Namun kejadian itu diketahui oleh warga sehingga tidak terjadi apa yang akan dilakukan si kakek tua kepada laki-laki itu.
Dengan demikian ucapan persangkaan yang salah itulah yang akan membuat bencana  besar.
Dalil dalam tema ini :
Dalam kitab arbain Nawawi hadits ke 15
Yang artinya : dari Abu Hurairoh ra bahwa Rosululloh SAW telah bersabda : “ barang siapa yang beriman kepada Alloh dan hari akhir maka hendaklah ia berkata yang baik atau hendaklah diam .............. ( HR Bukhari dan Muslim )
Teks/ penggalan hadits diatas terdapat 2 point penting dalam rangka menjaga lisan yaitu :
1.     Berkatalah yang baik : berkata dengan sopan santun , bekata dengan tidak menyinggung perasaan orang lain, tidak berkata dengan kata – kata kotor dan kasar, tidak memanggil orang lain dengan sembarangan.
2.     Hendaknya diam : menahan diri kita dari mengucapkan kata-kata yang sia-sia,kata-kata yang jelek,jorok dan sronok,
Imam Syafi’i pernah berkata bahwa jika apa yang akan kita ucapkan berdampak kpd kemaslahatan ( kebaikan ) maka berkatalah akan tetapi jika apa yang akan kita ucapkan berdampak kpd kemudhorotan maka lebih baik kita diam ( jangan di ucapkan ).
Hendaknya kita sebagai seorang pelajar sudah harus bisa memilah dan memilih kata-kata yang akan kita ucapkan dengan menyesuaikan tempat dan waktu.
PEPATAH : LIDAH LEBIH TAJAM DARIPADA PEDANG
---- seseorang yang terkena goresan pedang mudah untuk diobati ----
---- namun seseorang yang terkena goresan lidah sangat sulit untuk di obati ----

No comments:

Post a Comment